Monday, December 10, 2012

Metode Belajar Mind Mapping

Jika siswa merasa kesulitan untuk menangkap pelajaran ataupun pembahasan yang sudah diberikan oleh guru atau masih saja susah untuk dimengerti. untuk itu jangan putus asa, karena dengan metode belajar ini, siswa dapat menerima pelajaran atau materi kuliah dengan gampang dan cepat.
Mind mapping atau pemetaan pemikiran adalah metode dengan menggunakan gambar dan tulisan. Metode ini dapat memberikan akselerasi cepat dalam meringkas semua pelajaran atau materi kuliah. Metode ini dapat kamu gunakan dalam pemecahan masalah yang rumit. Dengan metode ini, kamu juga dilatih untuk menggunakan kedua belah otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan biasanya digunakan untuk mengingat tentang seni atau bersifat grafis dan otak kiri biasanya digunakan untuk berhitung dengan angka.
Metode belajar ini dapat dilakukan dan diterapkan baik dari anak-anak sampai dewasa. Cukup menyenangkan bukan ?? Tapi dengan ada metode seperti ini, kamu juga diharuskan membuat alur agar mempermudah untuk dimengerti. Seperti contoh pada gambar dibawah ini adalah salah seorang tokoh yang sukes.
Dari gambar kamu dapat menemukan berbagai macam cabang pemikiran dan akan terus berkembang hingga menjadi lebih besar percabangan . Dan untuk mempermudah kembali, siswa menggunakan berbagai macam alat tulis berwarna, minimal 3 buah warna.
Metode mind mapping ini sudah ada di Indonesia pada tahun 2003 dan sudah mulai berkembang hingga sekarang ini.(cly)

Harian Detik.com